Oct 14, 2019

Dukung Indonesian Ocean Pride Jaga Biota Laut



Teman-teman sudah mulai diet plastik belum? Atau setidaknya yuk mulai bawa kantong belanja dan bawa tumbler sendiri ketika pergi keluar, kenapa emangnya Pir? Kan repot tau!
 
Gak apa-apa kok repot sedikit! Asalkan langkah kecil yang kita lakukan sudah merupakan bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, khsusnya untuk biota laut. Pasti deh kalian pernah melihat kura-kura yang tersedak plastik atau ring dari tutup botol! belum lagi sampah-sampah plastik rumah tangga yang berakhir di lautan. Inget keanekaragaman hayati yang bisa kita nikmati hari ini bukanlah warisan  dari generasi terdahulu, melainkan titipan anak-cucu kita dari masa depan.

Nah memperingati hari hewan sedunia, yang jatuh setiap tanggal 4 Oktober, Sorak Gemilang Entertainment (SGE Live) berkolaborasi dengan Yayasan Indonesian Ocean Pride (IOP) mengedukasi masyarakat Indonesia untuk menjaga keberlangsungan hidup binatang-binatang laut dari ancaman kepunahan. Edukasi ini dilakukan melalui kegiatan eksplorasi dan kolaborasi seni digital di ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’, serta penghimpunan donasi bagi IOP melalui penjualan tanda mata bergambar ikan laut karya Hamish Daud, Pendiri IOP seharga Rp. 199.000,- yang akan berlangsung dari 11 Oktober hingga 11 November 2019.
Hamish Daud, Pendiri Yayasan IOP

 
Hamish Daud, Pendiri Yayasan IOP menyampaikan, “Indonesia adalah negara kepulauan dengan luas lautan mencapai 70 persen dari total luas wilayah. Laut Indonesia adalah masa depan bagi pembangunan kesejahteraan bangsa, karena menyimpan potensi ekonomi yang besar, serta rumah bagi beraneka ragam binatang laut. Meski begitu, keberadaan binatang-binatang laut saat ini sedang terancam karena aktivitas pembuangan limbah plastik, perburuan dan penangkapan ikan, perdagangan ilegal, serta eksploitasi yang merusak habitat laut. Padahal binatang-binatang laut memiliki peran signifikan dalam menjaga keutuhan dan kelestarian ekosistem laut. Jika binatang-binatang laut terancam, maka kesehatan laut juga turut terancam. Hal ini tentunya berdampak langsung pada sektor ekonomi bangsa, seperti perikanan dan pariwisata.”




Lebih lanjut Hamish menjelaskan, “Oleh karena itu, IOP sangat mengapresiasi SGE Live atas partisipasinya dalam menginspirasi masyarakat Indonesia untuk peduli pada keberlangsungan hidup binatang-binatang laut melalui karya seni digital yang terdapat di ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Indonesia dapat lebih menghargai laut Indonesia dan segala makhluk hidup di dalamnya.”

Mervi Sumali, Chief Executive Officer SGE Live menjelaskan, “Peduli dengan keadaan laut Indonesia saat ini, SGE Live dan IOP berinisiatif untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai binatang-binatang laut. Di dalam ’teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’, pengunjung dapat belajar mengenai beberapa ikan laut yang terancam punah seperti, Hiu Martil (Hammerhead Shark), Tuna Sirip Biru (Bluefin Tuna), Humphead Parrotfish, dan Pari Manta (Manta Ray). Kami juga mengajak pengunjung untuk berpartisipasi menjaga lautan melalui hal-hal sederhana, seperti mengurangi limbah plastik serta membuang sampah pada tempatnya agar tidak mencemari lautan.”
teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ merupakan pameran seni interaktif terbesar di Jakarta yang menggunakan teknologi digital, serta mengusung konsep kreasi kolaborasi (co-creation). Salah satu instalasi yang terdapat di dalamnya adalah Sketch Aquarium, yang memungkinkan pengunjung untuk mewarnai binatang laut sesuai imajinasi. Binatang laut yang sudah diwarnai pun akan hidup dan berenang di dalam akuarium raksasa, serta bereaksi terhadap sentuhan manusia.

Pira juga masuk ke semua instalasi namun ada salah satu yang menjadi favorit Pira adalah Sliding Through The Fruit Field! Seru aja gitu main perosotan dengan hiasan art yang mengagumkan di dalam gelap. Cuma emang sih pas menapaki anak tangga dengkul berasa engkel, maklumlah yah udah uzur!


No comments:

Post a Comment

Naek ke Genteng pake baju batik

batiknya dibeli di pulo gedong

Abang Ganteng dan Mpok yang cantik

kalo udah baca jangan lupa kasih KOMEN doonk