Dec 8, 2020

Dua Tahun Pakai Behel

Huaaa! Gak terasa gue udah 2 tahun nih pake behel! banyak banget suka duka dari awal adaptasi dan tentu ada drama juga di sana! Hahaha!

Jadi awal gue pake behel tuh di bulan September 2018! Dengan diawali dengan operasi frenektomi terlebih dahulu. Setahun berjalan ternyata November 2019 gigi bungsu sebelah kanan bawah mesti dicabut, karena ternyata gue butuh space agak banyak supaya gigi seri bagian bawah bisa rapi.

Ini struktur gigi gue awal-awal pake behel, 17 Maret 2019


Ternyata cabut gigi bungsu itu gak bisa dilakuin oleh dokter gigi biasa, karena letaknya yang dibelakang dan dekat dengan syaraf, maka yang nangin untuk hal ini adalah dokter spesialis bedah mulut. Well melihat kenyataan operasi bedah mulut untuk nyabut si gigi bungsu itu tidaklah murah, maka untuk pertama kalinya dalam hidup, gue memanfaatkan akses BPJS yang gue punya.


Cabut Gigi Pakai BPJS!

Jadi pertama-tama gue ke puskesmas sebagai Fasilitas kesehatan 1, terus dari puskesmas gue dirujuk ke salah satu rumah sakit swasta dekat rumah, cuma saat itu ada peraturan khusus kalau ternyata untuk pelayanan bedah mulut dengan BPJS dilimpahkan ke RSUD Depok yang ada di Sawangan.


 Yah emang agak ribet sih ngurusnya, cuma gue gak punya pilihan karena kalau mesti cabut dengan biaya sendiri menyentuh di angka 3,5 juta. mayan kan?!

Ya udah dengan sabar gue urus prosesnya, dari yang mulai ke RSUD pagi-pagi buta buat ngambil antrean! Ini baru antrean buat daftar yaa dan belum tentu di hari itu langsung dapat antrean karena setiap poli dibatasi perharinya cuma sampe 5-10 orang aja.

Pernah hampir putus asa karena gue bingung, dan pernah juga kehabisan nomor antrean tepat di depan gue! Jadi ya saat itu semua orang berbaris jadi satu dan kita gak tahu ada berapa banyak saingan kita untuk ke Poli yang kita tuju! Orang semuanya jadi satu. Jadi triknya adalah abis subuh cus tancap gas ke RSUD.

Liat nih antreannya! sungguhlah mesti punya kuota sabar yang banyak


Angin segar udah mulai tercium kalau kalian udah berhasil daftar dan dapat nomor pasien, karena kalian bisa booking via online di web resmi/aplikasi untuk kunjungan berikutnya jadi gak perlu ikut dalam antrean yang mengular. Tentu kedengerannya mulus, eiits kenyataanya gue juga mesti adu cepat booking karena ternyata gue salah ceklis nama dokter pada saat booking online, jadi yaa… ada di mana gue nyampe di RSUD dan duduk dengan tatapan nanar dan booking online gue gak terpakai, hahaha! 


Kalo dihitung-hitung yaa, ada kali yah gue dua hari dalam seminggu selama sebulan oktober 2019 bolak-balik urus antrean, hingga akhirnya ketemu dokter dan dua minggu setelahnya dapat jadwal operasi di tanggal 14 November 2019.

 

Kain kasa pengganjal, supaya darahnya cepat berhenti setelah gigi dicabut

Buat gue sih gak sakit, heheh kan dibius dulu, lagian tahun sebelumnya saat mau pasang behel gue sempet operasi frenektomi, jadi ya lumayan gak kaget-kaget amat saat harus masuk ruang bedah lagi.


Desember 2020 udah masuk bulan ke 28 alias 2 tahun lebih 4 bulan gue pakai behel! dan yesh! Sekitar 2-3 bulan lagi gue akan lepas behel, Insya Allah tahun depan udah lepas heheh, udah selesai? Ooh tentu enggak dong, masih ada retainer yang udah standby untuk gue pake! Lama pemakaiannya 2x lipat dari lama gue make behel, jadi kalo behelnya selama dua tahun, maka retainernya bisa empat tahun.

Untuk jenisnya sendiri sih gue udah konsul kayanya kan pakai yang lepas pasang aja, meski ada juga retainer fix yang dipasang di sisi bagian dalam (di belakang gigi) tapi masih dalam observasi juga sih dan nyamannya gue pakai yang mana.

Maka bersyukurlah kalian yang punya gigi dan bentuk rahang yang rapi, kalian udah saving banyak uang untuk hal ini, karena sekali kontrol untuk biaya maintenance behel setiap bulan itu berkisar Rp. 300.000,- 1 Juta! Hehe mayan kan?!

Buat yang mau baca awal mula gue pakai behel bisa mampir ke sini ya :

-Gusi Berdarah, Bahayakah?

-Apa itu operasi frenektomi?

-Rasanya Pakai behel?

No comments:

Post a Comment

Naek ke Genteng pake baju batik

batiknya dibeli di pulo gedong

Abang Ganteng dan Mpok yang cantik

kalo udah baca jangan lupa kasih KOMEN doonk