Nov 18, 2020

Perjalanan Umroh Madinah-Mekah

Setelah 3 hari berada di Madinah, [gue tiba di Madinah Jumat 13 September 2019 jam 3 dini hari] Nah Minggu 15 September 2019 sekitar abis zuhur dan makan siang, beserta rombongan siap-siap mau ambil miqat (niat untuk umroh) di Masjid Bir Ali. Gue sempet sholat Ashar juga di sana, Terus yang agak susah ya menjaga ihram (proses menuju untuk ibadah umroh) selama perjalanan dari Madinah sampai Mekah ehehe.

Lalu lintas dari depan Hotel Saraya Ajyad-Mekah


Apa aja sih yang ngebatalin ihram?
-Menggunting rambut dan kuku. [jujur ini sulit banget untuk gue, karena gue tuh suka banget matahin kuku secara gak sadar]
-Memakai pakaian yang berjahit bagi laki-laki.
-Memakai wewangian.
-Membunuh binatang buruan darat.
-Bersetubuh dan bermesraan dengan syahwat.
-Akad nikah
-Berbuat fasik/maksiat, berkata kotor, bertengkar, dan berbantah-bantahan.
-Memotong tumbuh-tumbuhan tanah haram atau mengganggu binatang-binatang buruan.
-Menutup kepala bagi laki-laki seperti peci, topi dan imamah/sorban.

 

Kamarnya dilengkapi dengan 4 single bed, TV, AC dan juga lemari, tentu ada kamar mandinya juga dong! hehe

 

Nah sekitar jam 10 malam tibalah gue di Mekah, kali ini gue nginep di hotel Saraya Ajyad! Setelah dapat pembagian kamar dan makan malam, gue dan rombongan bersiap buat melakukan ibadah umroh dipandu sama muthowifnya.

 

Hotel Saraya Ajyad-Mekah

Jadi rangkaian ibadah umroh tuh meliputi :

1. Niat [yang tadi gue lakukan di Masjid Bir Ali]
2. Ihram [memakai pakain ihram]
3. Thawaf [Mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran, dimulai dari pilar hijau atau sebelah kiri, sejajar dengan hajar aswad.
4. Sai [Berlari-lari kecil] diantara bukit Shafa dan Marwa sebanyak 7 kali.
5. Tahalul [Memotong rambut, untuk perempuan boleh ujungnya aja]

Selesai ambil miqat di Bir Ali-Madinah

Pas lagi Thawaf alhamdulilah gue melakukannya di tengah malam yang lumayan adem karena sepoi-sepoi angin malam hehe, jadi khidmat aja gitu bawaanya. Dan selama thawaf sebenernya ada bacaan khsusus disetiap rukun (sudut ka’bah) tapi tenang aja kalau gak hafal ikutin aja apa yang dalantunin sama Muthawif, kalau ketinggalan jauh sama rombongan gimana? Dan jadi gak denger apa yang diucap sama muthawif? Ya udah boleh kok baca shalawat sebisanya aja.


Selesai Thawaf dan siap-siap untuk Sa'i
 

Oh iya selama lagi thawaf jangan sentuh-sentuh ka’bah dulu ya! Soalnya di kain kiswah (penutup ka’bah) parfumnya Masya Allah wangi banget! Hehe ngeri nempel sama kita jadi gugur deh rukun umrohnya, gak mau kan??

Saat Sai dari bukit Shafa-Marwa juga jangan dianggap bener-bener kita berlarian dari dua bukit yang menjulang!! Kaga malih kagaaaa!

Ini bagian sisi bukit Shafa

Antara Shafa-Marwa itu kek jalan di mall yang berlapiskan keramik dingin heheh. Mungkin zaman dulu memang perbukitan, tapi sekarang mah ya udah kaya bagian dari masjidil haram aja malah ada beberapa lantai untuk melakukan Sa’i ada yang di lantai dasar ada juga yang di atas dan emang strukturnya enggak landai, masih terasalah sensasi nanjak sama turunannya.


Nah kalau kalian haus di sisi-kanan kiri kalian itu ada banyak spot galon air zam-zam yang bisa kalian minum sampe kembung! Hahaha! Sok mangga ambil aje! Jangan lupa bawa tumbler sendiri ya biar kalian bisa refill kapan aja! Bebas!

Ya begini ini, lintasan dari Shafa-Marwa, kaya di Mall kan??

Oh iya saking semangatnya saat sa’i, gue kan shalawatannya nyaring bener dah pokoknya, lebih ke bacot sih sebenernya, sampe jamaah asing yang lain nengok dan senyum-senyum ke gue, muahahah jadi malu! Mungkin mereka udah lelah kalik ya dan tinggal putaran terakhir, nah sementara gue kan masih on fire tuh makanya masih nyaring suaranya hehe.


Tahalul
Rangkaian umroh ditutup sama potong rambut! Buat cowok biasanya dibotakin hehe, tapi kalau masih mau Badal’in umroh keluarganya di hari lain, biasanya cukurannya dikit diawal nah baru di umroh selanjutnya dibotakin abis kek tentara!

Kebetulan gue dapat kesempatan 3 kali umroh, tentu umroh yang pertama diniatkan untuk diri sendiri, umroh kedua gue niatin untuk almarhumah nenek (dari pihak mama) dan yang ketiga untuk almarhum kakek (dari pihak bokap).

Miqot ketiga Rabu 18 September 2019 di As Sail atau Qarn Al-Manazil

Umroh kedua gue ambil miqat dari masjid Hudaibiyah selasa 17 September 2019.
dan Miqot ketiga Rabu 18 September 2019 di As Sail atau Qarn Al-Manazil.

Sedikit info nih, saat tahalul banyak juga calo-calo yang nawarin untuk menggunting rambut, terus ujung-ujungnya minta fee yang mayan, bahkan sampe 5-15 Riyal juga ada (1 Riyal = Rp. 4000) jadi yah lebih baik jangan terpisah dari rombongan kalian, biar saling gantian aja guntinginnya.

Sekalian deh gue mau pengakuan dosa, hahaha mungkin gue satu-satunya jamaah yang bandel banget! Jadi kan liat tuh rukun umroh itu pakai pakaian ihram, dianjurkan warna putih, lah gue? Malah pakai gamis navy! Hahaha terus gue double sih pakai mukena putih, jujur aja gue emang gak beli pakaian ihrom, budget gue terbatas banget saat itu, bahkan ya sehari sebelum berangkat umroh gue aja bingung,

“Ya Allah besok gue naek damri ke bandara bayarnya pake apaan?”
Eh kodratulloh Maha baiknya Allah ada chat masuk dari Febby dari kamadig, ngechat ngirimin bukti transferan, huaaa mewek gak tuh gue di kala petang saat maghrib!

Bukan cuma itu aja, bahkan saat manasik umroh gue datang-datang tanpa pake kerudung, ya meski gue pake gamis panjang sih saat itu, cuma kan semua mata langsung tertuju padaku!

“Ini siapa sih bocah, mau manasik malah kaga pake kerudung, mueheheh!”

Selesai Tahalul di bagian sisi bukit Marwa

Kalo udah tahalul, selesai deh rangkaian ibadah umrohnya. Saat itu sekitar 2 dini hari deh kalo gak salah, karena tanggung makanya gue memutuskan untuk tetep di masjid sambil nungguin subuh di masjidil haram sambil ngelakuin ibadah sunah lain.

Moon maap dah matanya masih pada bengep! terhura soalnya umroh barengan gini

Sumpah yaa setelah selesai langsung pelukan sambil sesegukansama Titi, ya karena kita berangkat tanpa keluarga dan yang lain pelukan sama pasangan halalnya huaaaa! Ya Semoga pas balik lagi buat umroh Pira udah ada pasangan halalnya, biar bisa sholat jamaah bersebelahan di spot khusus untuk suami-istri di masjidil haram! Heheh pada belum tau kan kalau ada spot romantis kaya gini!

No comments:

Post a Comment

Naek ke Genteng pake baju batik

batiknya dibeli di pulo gedong

Abang Ganteng dan Mpok yang cantik

kalo udah baca jangan lupa kasih KOMEN doonk