Jul 19, 2017

Penting Gak Sih Vaksin HPV?



http://www.emocutez.comGue nulis postingan ini dengan keadaan pegel, katanya sih emang gitu salah satu reaksi kalo abis vaksin HPV (Human Pappiloma Virus). Iya setelah melihat beberapa artis yang didiagnosa kanker serviks (kanker rahim) kanker di bagian leher rahim wanita, atau daerah di antara vagina dan kantong rahim, akhirnya gue menggali banyak informasi dan nyari tahu gimana antisipasi mencegah si kanker ini.

Beruntung salah satu temen gue Lina yang berprofesi sebagai Bidan, ngasih banyak masukan dan juga ngedorong gue untuk cepet-cepet vaksin, karena emang kebetulan  lagi ada promo bulan lalu, teteup gak mau rugi hahhaha. Harga normal sekitar 3 jutaan, nah karena ada promo jadi gue cukup bayar Rp 1.300.000 ajah! Gue daftar sejak bulan Juni, tapi vaksinansi dilakukan satu bulan setelahnya.



http://www.emocutez.comBerhubung gue belum menikah (ada hikmahnya juga ternyata hahah), karena kalo udah nikah otomatis pasti berhubungan suami-istri dong. Nah kalo udah pernah berhubungan suami istri, maka wajib bagi si perempuan buat papsmear/ IVA (Inspeksi Vagina Asama asetat) sebelum memutuskan untuk vaksin HPV.

Lah terus apa tujuan dari IVA/Papsmear itu sendiri? Gue sempet nanya nih sama Dokter Salma soal ini, Doi bilang untuk yang sudah menikah atau pernah berhubungan suami-istri, salah satu syarat agar bisa ikutan vaksin, hasil test papsmearnya harus normal.

Seberapa Penting sih Vaksin HPV Itu?

Jelas penting banget! kenapa? Bidan Lina ngejelasin kalo vaksin HPV sebagai bentuk pencegahan kanker serviks pada wanita, terutama perempuan yang udah pernah berhubungan intim dengan laki-laki, karena mayoritas virus HPV dibawa oleh laki-laki. Gejala kanker serviks pada stadium awal, hampir enggak kelihatan! Nah kalo udah ada gejala yang timbul itu berarti udah stadium lanjut dan udah susah buat diobatin.

Bagaimana cara kerja Vaksin HPV?

Vaksin HPV diberikan tiga injeksi selama periode 6 bulan secara bertahap. Vaksin emang gak bisa melindungi diri terhadap virus HPV yang mungkin udah ada dalam tubuh sebelum melakukan vaksin. Tapi mendapatkan vaksin sebelum melakukan hubungan badan untuk pertama kalinya merupakan cara paling efektif loh untuk mencegah infeksi HPV. Penjelasan tersebut gue dapet dari sini
http://www.emocutez.comJadi gue hari ini baru aja vaksin tahap 1 dan tahap kedua akan dilakukan sebulan lagi, nah gue udah grogi dari malam sebelumnya dan bahkan sampai mimpi kalo jarumnya patah pas lagi disuntik, asli horror parah!

Ini gedung PKK dikawasan komplek walikota Depok, lokasi pelaksanaan vaksin

Pas tadi gue datang ke lokasi di Kantor PKK di komplek pemerintahan Walikota Depok, udah ada 2 orang yang antre, tapi gue tetep mastiin ke ruangannya disana tercatat ada 7 orang yang daftar dan nama gue ada paling atas, hahaha!  
Tapi biar adil jadi yang datang lebih awal dapat giliran duluan, horee! Girang  dong gue! Ya udah gue balik lagi ke ruang tunggu, terus pas pasien yang udah disuntik lewat depan gue, gue tanya aja “sakit enggak bu?” eh si Ibu cuma nyengir-nyengir dan bilang “Udah gak usah dipikirin,” sambil ngeloyor pergi.

Dari kiri : Bidan Fenni, Pira, Bidan Djusni dan Dokter Salma, Pira berusaha pose senyum meskipun meringis abis disuntik :)

Tibalah saat nama gue dipanggil, deg-degan kaya mau ketemu camer!
Awalnya gue ditawarin untuk suntik di lengan, eh tapi gue request minta di bottom aja heheh, karena gue takut ngeliat jarumnya, untungnya boleh, duh bahagia tiada tara!
Gue pikir kan sakit banget yah, kalo gak kuat gue mau nangis aja ah! biarin dibilang cemen juga!

http://www.emocutez.comEh ternyata lebih sakit pas di facial sih, beneran Pir? Eh enggak deh lebih sakit di PHP-in kamulah yang katanya mau ngapel tapi gak jadi mulu, yang katanya mau ngunjungin saudaralah, nongkrong sama genglah! Jenguk temenlah, hah ina-ini ina-ini ujung-ujungnya gak jadi! Yah kok curhat sih Pir?!


Eh cowok bisa juga gak kena HPV? Bisa banget, itu ditunjukan dengan adanya kutil pada kelamin, cara mencegahnya gimana? Tips dari Bidan Lina “Jangan jajan sembarangan plus setia sama pasangan!” udah gitu aja, heheh.


Info lain yang gue dapat dari Bidan Lina, katanya kalo di Jakarta vaksin HPV malah udah di gratisin untuk anak-anak sekolah Dasar, biasanya dikasih saat mereka menginjak kelas 5-6 SD! Kok bisa gratis sih? Iya ternyata pemberian vaksin tersebut merupakan program Pemerintah, wuuih keren! Doain aja semoga dalam waktu dekat daerah lain juga mengadopsi program serupa.

Nah yang mau vaksin dengan harga promo kaya Pira, coba deh dikontak temen-temennya yang Bidan atau Dokter, siapa tau mereka punya info terkini, nanti kalo Pira dapat info promo lagi Pira Share yah!

52 comments:

  1. Wah aku belum pernah di vaksin! Malah kucing aku yang pernah di vaksin kayanya wkwkwkw

    Tapi waktu kecil kayanya sudah di vaksin di Posyandu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vaksin yang di poyanda=u itu biasanya vaksin cacar Oky :)

      Delete
  2. Wah mahal juga ya vaksinnya .. kalau papsmear di kantor tiap tahun diadakan gratis mba.. terima kasih infonya ya mba jadi tambah wawasan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa enak baik papsmear gratis :)
      kudu dimanfaatkan mas Tomi :D

      Delete
  3. Gw sempat dapat promo juga di klinik deket rumah, nawarin cek sejak dini kanker serviks. Hamdalah sehat dan posisi gw udah nikah. Deg-degan juga waktu di cek hihi. Dan penawarannya sama promonya sekitar 1,3 jt an. Tapi gw blom vaksin, soon sih. Mengingat ngeri juga ya kan. BUkan dari perempuan tapi virusnya itu dari laki-laki. Semoga terhindar ya dari kanker servik amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak lumayan kalo lagi ada promo :)
      kalo pake harga normal duuh aku juga mikir-mikir pasti heheh :) soale muahaaal

      Delete
  4. Oh berarti enggak serem, ya. Cuma disuntik gitu? Tapi ya mahal biayanya, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enggak serem kok, kaya digigit semuut, nyuut nyuut dikit heheh

      Delete
  5. Belum pernah papsmear.. pengen suatu saat nanti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak disegerakan heheh :)
      kalo bisa nyari diskonan :D

      Delete
  6. Kalo gede disuntik vaksin gini masih boleh nangis kejer kek pas kecil nggak sih? Kan masih tetep sakit hehehhe...

    Thanks info nya mbak Vira. Buat siapin dana dan pengetahuan nanti pra menikah. Ehehehehe.. Mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok :) asal enggak amalu mah heheh :)

      Iyo sama-sama mas Jung :)

      Delete
  7. huaaa pira thanks bgt yaah info vaksin hpv nyaa!! memang berencana vaksin hpv juga sih karena serem sama kanker serviks..
    anyway cerita vaksinnya kok sambil kebanyakan curhat yaah hhaaa..
    kalau aku sih sama jarum suntik gak takut dan ga takut disuntik juga.. yg takut itu kalo kehilangan dia. loooh maap aku jadi ketularan curhat

    eh iya.. lumayan bgt yah dari 3 jt diskon jadi gak sampe 1,5 an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tjurhat terselubung ini muehehe :)

      Karena diskon makanya aku buru-buru daftar kak hihih
      kalo bayar dengan harga normal b isa bobol juga hehe

      Delete
  8. Vaksin hpv ya? Belum pernah deh aku. Mayan juga pir 3 jeti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mayan mehong heheh :)
      nabung mbak hhihi biar kalo ada diskon bisa daftar

      Delete
  9. Asyik dapat harga vaksin yang diskon. Kadang beberapa rumah sakit ada diskon beberapa vaksin juga, cuma sakit sebentar saat disuntik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sakitnya cuma sebentar, cuma pegelnya berhari-hari heheh :D

      Delete
  10. Wah ini mantep banget, aku pengen papsmear tapi belum kesampaian nich. Semoga bisa ahhh. Tapi vaksin mahal juga ya hikz nabung ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak dicicil aja emang mahal hihih :)

      Delete
  11. oh gitu ya kak, berarti kalo aku mau vaksin HPV juga aku harus test Papsmear dulu berarti, makasih infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo sudah menikah (berhubungan suami istri) harus papsmear dulu sebelum vaksin HPV :)

      Delete
  12. Aku pengen vaksinnya, tapi papsmearnya maju mundur huwaaaaaaa
    Aku kumpulin keberanian dulu :P

    Btw itu klinik di gedung PKK depok gtu ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar itu di gedung PKK depok hehe
      ada ruangan bidan gitu di dalamnya hehe

      Delete
  13. Penanganan sejak dini ya mba, mudah2an terlindung dan sehat selalu,mumpung pas diskon hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin semoga kita selalu dilindungi Allah SWT :)
      dan sehat selalu

      Delete
  14. KAK VIR KWEREN!!
    sumpaah ini sosialisaassinya harus lebih gencar lagi si, penting banget buat perempuan perempuan diluar sanaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk bantu di share ini mah :)
      biar yang lain juga bisa baca dan dapet info yang bermanfaat ini :D

      Delete
  15. hemm,, perlu banget ternyata ya vaksin hpv ini untuk kalangan wanita muda yang belum beristri. Tetapi, tidak menutup kemungkinan yang sudah berumah tangga bisa ikutan vaksin juga ya kak.
    Terus masalah buat cowo maksudnya jajan jangan sembarangan itu gimana ya ? hehe.
    ditusuk pake jarum mah cuman geli geli doang kak engga ada sakitnya atuh sekali tusuk udh engga berasa sakitnya lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan main sama wanita tunasusila :)
      untuk mnenghindari penyakit menular

      Yang sudah menikah juga harus vaksin dengan catatan harus papsmear dulu :)

      Delete
  16. Aku blm pernah vaksin HPV, Papsmear apalagi, wkwkwkwkwk blm nikah sih

    Memang ya kita kudu jg bner2 ttg kanker ini. Yg bawa virusnya cowok, kita ini yg kena. seremmmm

    Semoga ada vaksin gratisan #ngarep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa aku juga belum nikah, makanya gak perlu pake papsmear :)

      Delete
  17. Perlindungan sejak awal ya
    Saya blm vaksin juga

    ReplyDelete
  18. Saya belum vaksin nih.. Aduh coba zaman eike sd dulu udah digratisini nih vaksin HPV..

    Lumayan jg ya kalau ga diskon.. 3 jt an.. Tp lebih tenang lah kalau udah vaksin

    Uang bisa dicari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sayangnya baru SD zaman sekarang yang baru digratisin heheh

      betul kesehatan itu aset paling penting :)

      Delete
  19. Iya emang lbh sakit diphpin...eh btw serius nanya itu sakit apa nggak, suntiknya dibagian apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma kaya digigit semut :)
      suntiknya di bottom :D

      Delete
  20. dulu waktu kelas enak SD pernah dapat vaksin..khusus cewek aja..apa vaksin ini ya ?
    sebelum nikaj jg disuruh vaksin ke puskesmas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan yang punya serviks perempuan aja hehe:)

      Delete
  21. Wohoo kirain buat laki-laki ada vaksunnya juga. Ternyata cuma ga boleh jajan ya.. meski terlihat sepelu vaksin hpv penting banget ya mba ternyata. Hihi.. tar kalau saya vaksin minta bottom juga ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ndak boleh jajan sembarangan :)
      takut kena penyakit menular :)

      Delete
  22. Sereem yaa...*liat harga vaksinnya.
    Tapi lebih serem lagi kalo kena penyakit kanker.

    Heuu~~
    Semoga Allah melindungi anak keturunan kami dari penyakit berat seperti kanker.
    Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harganya sereem, tapi lebih serem kalo sampe kenapa-kenapa :)
      jadi antisipasi mending vaksin aja hehe

      Delete
  23. jadi penasaran juga dan memang perlu sih tapi duitnya lagi buat yang lain huhu. kalau ada diskon lain let me know

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap unii, nanti kalo ada info aku kabarin :)

      Delete
  24. sereem banget ya, penting banget buat wanita untuk selalu menjaga kesehatan badannya. semoga selalu dilindungi Tuhan dalam segala hal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mesti prepare dan jaga kesehatan :)sebagai antisipasi :D

      Delete
  25. Baru mau suntik ini entar, tapi nunggu bonus keluar dulu keknya. Wahahah :D

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. Iya nabung Feb ehehe :)
      atau minta subsidi sama papamu aja hahaha :D

      Delete

Naek ke Genteng pake baju batik

batiknya dibeli di pulo gedong

Abang Ganteng dan Mpok yang cantik

kalo udah baca jangan lupa kasih KOMEN doonk