Sep 2, 2018

Apa Itu Operasi Frenektomi?


Setelah mendapat rujukan dari puskesmas untuk melakukan operasi frenektomi, akhirnya gue menyiapkan mental dan bersiap untuk dioperasi, kebetulan gue dirujuk ke Rumah Sakit Brimob Kelapa 2 Depok. Karena menurut informasi yang gue dapet dari dokter gigi yang ada di Puskesmas, Periodentist yang ada di Depok cuma ada di Rumah Sakit Brimob Kelapa 2, ya meskipun biaya operasinya tidak bisa di cover oleh BPJS, mueheheh tapi gue bersyukur biaya obat dan checkup pasca operasi masih bisa dicover BPJS.

http://www.emocutez.comBtw Periodentist itu apaan sih Pir? Kok rasa-rasanya baru denger nih
Ok baik sekalian akan gue jelasin sedikit mengenai 8 kategori dokter gigi :




1. Pedodontis (SpKGA)

Pedodontis akan melakukan pencegahan dan perawatan semua kelainan dan penyakit pada gigi dan mulut anak secara komprehensif, baik anak yang normal, maupun anak dengan kebutuhan khusus.



2. Orthodontist, Sp.Ort (Ahli Meratakan Gigi)
Untuk kalian yang ingin meratakan dan merapihkan gigi, datang dan periksakan keadaan gigi pada Anda pada dokter yang bergelar Sp. Ort. Karena, dokter tersebut akan memberikan perawatan konvensional dan radikal pada maloklusi ringan sampai yang berat.

3. Endodontis, Sp.KG (Spesialis Konservasi Gigi)
Untuk perawatan secara estetika, datanglah kepada dokter spesialis konservasi. Pada saat Anda datang, dokter akan memberikan pencegahan dan penanggulangan karies, restorasi, kosmetik gigi, perawatan endodontik konvensional, dan bedah.

4. Periodontis (SpPerio)
Untuk menjadi periodontist, seseorang harus menyelesaikan pendidikan sarjana empat tahun dan melanjutkan pendidikan di bidang pengobatan gigi atau bedah gigi. Ia harus menyelesaikan program residensi atau magang, yang dapat memakan waktu lebih dari 5 tahun. Hanya setelah menyelesaikan program residensi, seorang dokter gigi dapat memperoleh sertifikat dari badan yang berwenang untuk melakukan praktik sebagai periodontist. Namun, periodontist tetap harus melanjutkan pendidikannya, sebab sertifikat yang diberikan harus diperbaharui setiap enam tahun.

Meskipun beberapa periodontist membuka praktik pribadi, beberapa di antaranya bekerja di lembaga pelayanan kesehatan seperti klinik daerah atau rumah sakit. Selain itu, juga dapat ditemui di sekolah dan organisasi nirlaba.
Periodontist bekerja secara dekat dengan teknisi radiologi, dokter gigi umum, dan spesialis lainnya seperti endodontist untuk membantu pasien mendapatkan senyum yang indah dan kesehatan gigi optimal.

5. Oral Surgeon, Sp.BM (Spesialis Bedah Mulut)
Ingin mencabut gigi atau operasi sumbing? Segeralah periksakan kepada dokter spesialis bedah mulut. Karena tugas pembedahan seperti ini, hanya dokter bergelar Sp.BM yang mampu melakukannya.

6. Prosthodontist, Sp.Prost (Spesialis Prosthodonsi/Ahli Gigi Turunan)
Penggantian gigi yang hilang dengan membuat gigi tiruan, dan perawatan sendi, hanya mampu dilakukan oleh dokter ini, bukan yang lain.

7. Oral Medicine, Sp.PM (Spesialis Penyakit Mulut)
Perawatan penyakit mulut karena bakteri dan jamur, halitosis, dan perawatan sendi dan rahang. 

8. Dental Radiologist (SpRKG)
Spesialis yang terakhir radiologist, merupakan spesialis padiologi kedokteran gigi yaitu melakukan interpretasi radiologi kedokteran gigi.

Nah karena problem gue adalah pada bagian gusi, maka ditangani oleh Periodentist! Atau istilah kedokterannya tindakannya disebut Frenektomi, dimana penyebabanya adalah frenum yang terkait dengan bibir atas yang berada di garis tengah, cenderung menyebabkan atau memperparah jarak antara gigi depan atas dua (gigi insisivus sentral) dan ini terrlihat tidak sedap dipandang mata.

Frenum yang seperti itu yang juga masuk ke dalam gusi yang juga bisa menjadi penghalang bagi ortodontis untuk bisa menutup celah di antara gigi depan. Dalam keadaan tersebut maka frenektomi ‘maxillary’ akan dilakukan.



Senin 20 Agustus 2018, gue berjalan mantap menuju rumah sakit, takut gak Pir? Ya namanya mau dioperasi, takutlah! Eh iya seminggu sebelumnya gue juga diminta untuk test lab dulu untuk mengetahui kondisi kesehatan gue, alhamdulilah hasilnya bagus cuma hemoglobinnya aja agak rendah dan itu juga menjadi penyebab operasi gue sempat tertunda beberapa hari, jadi dokter meresepkan vitamin penambah darah agar pas operasi nanti HB gue diharapkan normal.
Ilustrasi operasi frenektomi : Pita gusi yang ditengah itulah yang akan dibuang dan itulah yang menyebabkan gigi kelinci gue renggang
http://www.emocutez.comGue kebetulan ditangani oleh drg.Rike Rayanti, saat tiba giliran gue dokter Rike mempersilakan gue duduk dikursi yang bisa gerak-gerak gitu, apa sih namanya? Hahaha! Oh abis gugling, ternyata namanya dental unit elektrik/kursi periksa. 

Mungkin kalian ada yang butuh Periodentist silakan disimpan baik-baik
Ya udah deh gue ambil posisi dan spontan mau lepas sepatu yang gue pake, terus reaksi dokternya malah gini,
“Eh . . eh santai aja, sepatunya dipake aja!”
http://www.emocutez.comGue langsung menuruti anjuran dokter sembari nyari posisi yang enak biar kepala gue nanti gak pegal. Kemudian lampu diatas muka gue ini langsung nyala!

Hasil Lab gue
“Ayo coba dibuka mulutnya!”
Ok, gue nganga selebar-lebarnya, namun kemudian dokternya nanya ke perawat yang ada di sampingnya.
“Suara apa tuh? azan yah?”
Gue juga berusaha menyimak, dan benar emang suara azan zuhur sedang berkumandang!
“Oh azan Zuhur yah, kita sholat dulu aja yah,” begitu pinta dokter Rike.
Ini gue dan dokter Rike di RS Brimob Kelapa 2 Depok. Dua minggu pasca operasi Frenektomi dan dan sekaligus melepas jaitan

Masya Allah gue cuma senyum-senyum dan bergegas izin ke Musholla yang ada di lantai 1. Setelah sholat sekitar jam 1 siang akhirnya operasi dimulai. 
Oh iya saat pendaftaran di rumah sakit Brimob, kalian akan diminta 2 lembar foto kopi kartu BPJS dan juga 2 lembar foto kopi KTP, lalu membayar 10.000 untuk pembuatan kartu.

Hal pertama yang gue lakuin adalah TUTUP MATA! Iya demi apapun yah gue tuh takut liat alat-alatnya, meski tadi sempet liat jarum suntik yang akan disuntikkan ke gusi gue, enggak sakit kok, sakitan juga emposan emak yang sering didaratakan ketika gue kecil dan sering ngompol.

Selang beberapa menit bibir atas gue mati rasa, lalu dokter meminta gue untuk berkumur-kumur. Setelah sebelumnya gue dikasih semacam cairan rasa strawberry, yang katanya akan membantu mengurangi rasa sakit. 

Selama operasi berlangsung gue sama sekali gak berani buka mata! Moon maap nyali gue emang cuma sebesar butiran debu.

Tapi yang sempat gue rasa ada seperti “cetit” gitu dari mulut, ya rasanya kaya sehelai uban yang dicabut dari kepala, sisanya? Sama sekali gak terasa!

25 menit berlalu, sampe dokter bilang,
“Saya mulai jahit yah”

Iya benangya sempet nyentuh bibir gue dan lagi gue cuma merem aja sambil dzikiran! Jadi setiap selesai melakukan tindakan dokter Rika langsung menjahit bagian yang terpotong, biar cepat rapet dan gak banyak darah juga yang keluar. Benar aja Frenektomi ini menghadiahiku sebanyak 6 jahitan.

http://www.emocutez.comSelesai operasi, jaitannya ditutup dengan periodontal pack! Yang tekstur dan rasanya kaya permen karet rasa strawberry, kalo boleh request sih gue mau rasa matcha atau watermelon gitu, heh LO KATA ES KRIM Pir!

Total biaya Operasi frenektomi
Setelah operasi gue pergi ke apotek untuk nebus beberapa obat dan antibiotik, alhamdulilah sih obatnya ditanggung BPJS, cuma ngantrinya itu sampe 5 sore :’) padahal gue selesai operasi sekitar jam 13.30. 

Alhamdulilah banget gue dibantuin sama emak-emak yang juga lagi antre di sana, mungkin kasihan sama gue karena selama antre gue sendirian dan berkali-kali ke kamar mandi untuk buang ludah yang masih bercampur dengan sisa-sisa darah dan selama itu pula gue tidak diijinkan untuk berkumur-kumur khawatir periodontal packnya belum menyatu dengan gigi gue. 

http://www.emocutez.comAwalnya Nyokap gue menawarkan diri buat nemenin operasi, namun gue melarangnya, bukan apa-apa sih itu si Ibu Lusi gak bisa banget nyium aroma obat yang ada di rumah sakit, langsung pusing Dia, ya daripada nanti Dia pingsan kan, atuh mending gue sendiri aja hehe.

Gue juga mau berterima kasih sama Driver gojek yang mau nge-pickup gue setelah operasi, sebelumnya gue udah nulis juga di chat,
“Pak mohon maaf, nanti saya gak bisa bicara soalnya baru selesai operasi”

Alhamdulilah Bapaknya paham, jadi ya selama diperjalanan gue pake bahas tubuh buat nunjukin arah jalan ke Drivernya ehehe!

Menjelang Isya, gue akhirnya baru berani minum, itupun pake sedotan dan memang gue dianjurkan untuk makan dan minum yang dingin-dingin dan sangat diharamkan untuk makan/minum yang panas-panas.

Segitu dulu yah cerita operasi Frenektominya, buat yang mau baca latar belakang  gue diharuskannya operasi frenektomi, kalian bisa cek postingan berikut yah!
Nah untuk cerita pemasangan behel, dipostingan yang ini yah!

Terima kasih sudah mampir!


17 comments:

  1. gue ngeri ngebayangin gimana tuh rasanya di jait didalam mulut. ucet. serem uy ngebayanginnya.
    berarti setelah operasi itu selesai, udah ga perlu pake ngecek'' segala atau pake behel lagi ya, vir?

    ReplyDelete
  2. asik juga tuh makanan dan minuman yang dianjurkan, yang dingin-dingin

    *langsung kebayang ice cream porsi raksasa

    ReplyDelete
  3. suamiku dulu pernah juga difrenektomi, sakit banget pasca operasinya

    ReplyDelete
  4. Baru tahu operas frenektomi, dan nggak kebayang proses operasinya, tapi cepet juga yaa

    ReplyDelete
  5. Itu abang gojeknya senyum-senyum gak yah baca chatnya. Udah siap-siap pake bahasa isyarat dia. Hihihi.
    Eh kok malah ngomenin itu sih :D
    Kalo aku yang namanya operasi pasti takut, operasi apapun itu :D

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ngalamin frenektomi sih, tapi sebagai orang yang sering nonton dokter bedah ngoperasi pasien, selalu kebayang sih sakitnya gimana. Apalagi kalo terkait dengan gigi, hmmm. sudah mulai membayangkan ngeri deh. Betewe, mungkin akan lebih baik jika hasil lab disensor, ya ga enak aja sih, ketahuan sama orang, meski ya kebanyakan hasilnya normal aja sih.

    ReplyDelete
  7. Duuh ...baca prosesnya, kok agak ngeri ya.. Ada yang ditarik kayak uban? Jadi itu seperti ada uratnya gitu ya?
    Eh..saya baru tau, ternyata dokter gigi itu ada macamnya. Kirain hanya satu macam aja.

    ReplyDelete
  8. Waduh, gak tahu kenapa kok takut, ya, baca ini. Baca tentang operasi frenektomi. Jadi dapet info baru, makasi, ya, kak. Ngomong-ngomong, emang sering tuh yang pake BPJS nunggunya lama.

    Btw, cepet sembuh, ya, kak. Kayaknya sakit banget itu.

    ReplyDelete
  9. Uwaaaaaa aku ngeri bayangin operasinya. Duh itu dipotong terus dijahit. Di gusi juga, yg biasa kita lihat di cermin. Duh gak sanggup bayangin. Tapi wes kadung bayangno seh. Hahaha


    Oooh, itu gelarnya bergantung peminatan ya. Kukira sama aja.
    Maklum, gak pernah punya kasus gigi

    ReplyDelete
  10. Errr, aku serem bayanginnya, hahaha
    Emang paling aman kalau operasi gigi/periksa gigi ya merem. Dinikmati....

    ReplyDelete
  11. Ternyata banyak ya spesialisasi dokter gigi. Selama ini cuma tahu sebagian kecil aja. Semoga cepet sembuh ya habis operasinya

    ReplyDelete
  12. Jujur saja saya malah baru tahu istilah frenektomi itu ternyata berhubungan dengan gigi dan operasi seputar gigi.. Kalau soal gigi, aku tau nya ya operasi gigi , cabut gigi dsb ^^

    ReplyDelete
  13. Saya termasuk yang berurusan dengan dokter gigi sejak kecil. Ini anakku kyknya jg gtu, ada gigi tumbuh sblm gigi susunya tanggal hiks. Wuah baru tau istilahnya frenektomi mbak. Mayan jg biayanya tapi yg penting gigi sembuh ya :D

    ReplyDelete
  14. ya ampun, setelah melihat kasusnya aku jadi tahu bahwa spesialisasi dokter gigi banyak banget ya akk. ngga kalah ama dokter umum yang ngambil spesialisasi. kedokteran gigi berkembang sangat pesat sekarang. semoga cepet sembuh ya

    ReplyDelete
  15. Ngilu denger operasi gigi..., Tapi kalo udah terdesak biasanya gak pake takut dan ngeri ..ya.., toh untuk kesehatan juga...

    Dinikmati...

    ReplyDelete
  16. Setelah ngeliat masalah giginya aku bisa tahu kalau spesialis gigi banyak banget, ngga kalah ama dokter umum. Penyakit gigi dan mulut macem macem dan perlu penanganan khusus. semoga cepat selesai masalahnya ya

    ReplyDelete
  17. Wah aku jg kayaknya punya kasus yg sama. Tapi sudahlah sudah tua ini. Wkwwkwk ikhlaskan saja.. soalnya dicabut Gigi aja aku ngeri.. apalagi kalau Harus operasi begini

    ReplyDelete

Naek ke Genteng pake baju batik

batiknya dibeli di pulo gedong

Abang Ganteng dan Mpok yang cantik

kalo udah baca jangan lupa kasih KOMEN doonk