May 29, 2016

Plant Tour Toyota Karawang



Kalian pasti udah pernah dong nyobain duduk cantik didalam mobil sejuta umat keluaran Toyota? Itu tuh mobil Avanza hehe, nah kalo ke pabrik Toyotanya udah pernah belum? Ah yakin deh pasti pada belum pernah nih hihi, gue udah dong *sombong*.
Jadi ceritanya gue dapet undangan dari TMMIN, hah apa Mimin? Eh bukan . . . bukan! Kedengerannya asing ya? Baik . . . baik akan gue jelasin, TMMIN adalah Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Beruntungnya nama gue masuk dalam peserta Toyota Plant Tour 25 Mei 2016 lalu, itu juga berkat kebaikan hati si Unidzalika hehhe, gue yang masih polos bak orok yang baru lahir tahu-tahu pas bangun dari tidur siang udah di registrasiin ulang sama Doi, ironisnya Doi malah enggak bisa ikut kan kesyeel! Febi juga kemudian gak bisa ikut karena ada urusan mendadak padahal biasanya gue jalan bareng Feby, kemudian Nuri juga gak bisa ikut karena sakit.

Lah terus gue jalan sama sapaaah ini oooy!! Dari list nama, gak ada satupun yang gue kenal, meskipun katanya ada anak WarungBlogger juga, tapi yang mana orangnya juga gak tahu? Ah akhirnya ada si Mia yang ternyata tinggal di Sawangan, fiuh mungkin gue bisa nih jalan bareng Dia, gitu sih pikir gue, lah tapi pas liat di list nama, wah nama Dia enggak ada! Lah kok bisa? Usut punya usut ternyata Mia lupa buat daftar ulang, pupus sudah harapan gue!
Pas gue cek lagi ternyata ada nama Adi nyelip disana, ya udah gue langsung BBM dan ngerengek minta bareng heheh, awalnya gue emang bakal pulang bareng sama Adi sementara berangkatnya sama Mia, nah tapi kalo gini caranya ya udah gue mending sekalian pulang-pergi nebeng Adi, lagian gue juga enggak tahu jalan. Eh tapi tunggu . . .tunggu pas gue perhatiin list nama peserta, bukannya Adi dan Dwi Kresnoadi satu orang yang sama?
List peserta Plant Tour Toyota
Setelah gue konfirmasi ternyata emang ada kekeliruan dari Admin, nah kan sisa seatnya bisa dipake deh sama Mia, yeay!
Meeting pointnya itu di Head Office TMMIN Sunter, disebrang Mall Artha Gading. Gue janjian sama Adi di stasiun Tebet jam 5.30, tapi gue ngaret satu jam! Maaphin Chelsea Island ya Adi, mueheheheh! Sementara itu Adi terus ngechat,
“Nyeeet elo dimana?”
            “Udah di pasar minggu nih” Gitu balas gue. 
Tapi kampret, sinyal ilang pemirsah! Makin panik, ngeri aja gue pas nanti ketemu Adi, gue bakal diasingkan kedalam rambutnya yang keribo itu!

            Akhirnya gue ketemu juga sama Adi di stasiun Tibet, setelah gue berhasil ngangkat telfon dari Dia diantara sesaknya penumpang kereta pagi itu. 
Adi : "Eh Lo kok Selpi sih Pir?"
Gue :"lah emang kenapa Di?"
Adi : "Ya gue ikutan dong!"
Yee buseet nih bocah, gak bisa banget liat kamera standby, eh itu topi gue disponsorin Arslan Loh #ihiiiw
            Pas sampe di TMMIN Sunter kita langsung ke Lobby kemudian nunggu  beberapa pesera lagi yang belum sampai sambil ngemil-ngemil centil nikmatin coffe break di dalam bus. Sekitar jam 8.30 rombongan melaju menuju Tangerang, yah orang Indonesia biasalah kena makanan yang rada enak dikit langsung tepar, muehehehe. Perjalanan ditempuh selama 2 jam lewat tol.
Peserta Blogger lagi siap-siap mau live tweet
            Sekitar jam 10.30 kita udah mendarat dengan selamat tepat di depan pintu gerbang TMMIN Karawang, pabriknya keceh banget! gimana enggak, ternyata disini tuh memanfaatkan tenaga matahari untuk lampu, terus menampung air hujan dengan membuat danau buatan, nah air itu yang digunakan untuk mencuci mobil, bukan hanya itu loh, didepan pabrik ada biopori juga sebagai resapan air.
Mbak Bianca lagi presentasi nih, disimak ya teman Tmmin twit terbaik bakal dapat hadiah loh, asik kan?
            Pas kita berkeliling masuk ke dalam pabrik untuk liat proses Assembling ehm ibaratnya proses terakhir gitu, saat rangka mobil sudah dirakit (kalo gak salah gitu, CMIIW aah) sayang gak boleh motret saat semua proses berlangsung karena prosedur keamanan. Oh iya di dalam pabrik gak ada sekat tembok loh, ehm mirip-mirip display grosir swalayan gitu, kenapa? Ternyata tujuannya untuk memperlancar sirkulasi udara supaya gak panas.

Nah ada info terselubung nih yang harus kalian tahu, ternyata kalo Inova udah dibuat di Indonesia loh sekitar 70-85% komponennya juga udah berasal dari Indonesia dan pabriknya merupakan pabrik kedua terbesar seasia-pasifik, dengan kecepatan pembuatan 1 unit per enam menit wajar kalo Toyota Indonesia udah berhasil mengkesport produknya kaya fortuner sama Avanza sampai ke Middle East, Nah kalo yang udah pernah pergi ke Negara Middle East coba inget-inget mobil taxi bandara modelnya kaya apa? Yup bener mobil avanza dijadiin sebagai taxi disana.
Mumpung masih megang hape, kita wefie dulu, karena pas masuk pabrik gak boleh bawa hape, hiks Adi kenpa terlihat lebih cantik dari gue sih? kezeeel!
Gue juga mau bocorin ternyata produk Toyota itu punya standar yang tinggi yakni gak membuat produk yang cacat, tidak meneruskan produk yang cacat dan juga tidak merepair produk yang cacat, karena ada pihak audit yang akan mengecek dan jangan harap kalian bisa ngedapetin produk cacat itu meskipun dengan harga murah hehhe karena segala bentuk part yang cacat akan segera dimusnahkan.

            Oh iya Toyota juga mau memperkenalkan yang namanya Imajinesia, ehm apa sih itu? maksudnya adalah ingin menularkan rasa bangga sebagai member Indonesia, selain itu Toyota juga gencar mengirimkan atletnya untuk berkompetisi dengan atlet Toyota dari Negara lain, bahkan Atlet Toyota dari Indonesia berhasil mengalahkan pesaing terberatnya yakni Jepang! Wuih ternyata orang Indonesia kemampuannya emang bener-bener diluar ekspetasi! Gokil abis!
Hayoo gue yang mana? pasti gak terlihat dimatamu, gapapa udah biasa, yang penting masih terasa di dalam jiwa #eyaah #TMMIN #TMMINspirasi #PlanttourTMMIN
Eh iya ternyata Toyota juga udah mulai membuka diri seluasnya kepada masyarakat luas yang ingin mengetahui tentang Toyota melalui website resminya disini.

Eh seminggu kemudian pihak Toyota ngirimin foto sebagai pendukung buat tulisan di blog yihiiii! Nih buat yang pensaran sama proses pembuatan mobilnya, gue kasih deh.

Aduuh Mas, dari pada megangin pintu mobil mulu, mending juga megang tangan Adek ke KUA, lumayan kan pas sahur nanti ada yang masakin

Kamu lagi ngerakit apaan sih?
gak pengen emang ngerakit masa depan sama aku?


Lagi ngelas apaan sih Bang??
ngelas patahan hati aku yang retak bisa?
          Makasih banyak buat TMMIN Toyota yang udah ngadain Plant Tour, kalo ada acara ajak-ajak gue lagi yah!
http://www.emocutez.com
Makasih udah mampir jangan lupa tinggalin jejak biar bisa gue kunjungi balik.

55 comments:

  1. Iya nih, aku belum pernah ke pabrik Toyotanya. Huhu, lucky you :'D

    Hebat ya Toyota Indonesia,, udah berhasil mengkesport produknya sampai ke Middle East. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih berkat Uni aku jadi bisa kesana(=^ω^=)

      Iya yah gak nyangka ternyata Toyota Indonesia udah memproduksi sendiri beberapa produknya bahkan sampai diekspor loh hhihhi

      Delete
  2. Wiiii kernen keren. Indonesia dalam hal produksi Mobil nggak kalah kece ternyata. Jadi standart keamanannya jelas tinggi banget ya, karna part yang rusak tidak boleh/bisa dipakai lagi. Harus direpair/dihancurkan. Nambah ilmu banget ini vir. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Az, gue juga langsung nganga pas tau info itu :)
      gilaak mereka mikirin hal itu sampe ke detilnya loh, bahkan walaupun cuma kena baret aja gak bakal tuh dikeluarin,meskipun sebenernya bisa ditimpa catnya hhihi :) tapi mereka milih untuk dimusnahkan

      Delete
  3. Waaah seru ya pir bisa ke pabrik Toyota.
    Keren juga nih Toyota, mereka nggak akan merepair atau meneruskan produk yg cacat. Menjaga kepuasan konsumen banget ya.

    Bhahahahaa itu bang Adi mukanya kenapa kayak cewe astagaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mereka sangat menjaga kualitas Lan :)
      yah dari pada maksa ngelempar produk yang cacat ke pasaran wah yang ada nanti banyak yang complain terus merugikan konsumen :)

      iya yah kenapa cantik banget yah dia? -___-

      Delete
  4. Waaaa ulasannya lengkap sekalih!! Dan ada nama uni jugaaa aaaaak >.< malasih untuk review dan cerita perjalanannya. Semoga next time kita bisa jalan bareng ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga next time kita bisa jalan bareng ya..

      Uni mah ngasih harapan muku ye pirr.. haha


      Eh itu padahal mau ikuta. Tapi apalah daya hari kerja jd gue yang cuma buruh bank cuma bisa ngiri liat lo bisa liat langsung di pabrik toyota.

      Gue pernahnya ke pabrik sari roti, pulangnya dapet bingkisan sari roti buat keluarga dirumah. Mayan banget. Itu lo pulangnya gak dibagi toyota satu satu apa pir. Haha..

      Delete
    2. @Uni : aku yang makasih karena udah diinfoin acara ini heheh :) lain kita kita liputan bareng lagi yah :D

      @Ucup : Hooh Uni emang kadang-kadang suka php cup asal tau ajah, muahahhha
      lah asik juga Cup, pulang-pulang bawa bongkahan roti, ehm curiga nih jangan-jangan elu dagangain lagi bingkisannya :p

      Delete
  5. Huaaaa dan dijelaskan pula aku gak bisa ikut... #ampun vir, apa daya dosen minta ketemu, mahasiswa mana bisa nolak....

    Dan AKU IRI!!! Karena gak jadi ikut 🙈🙈🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha nilai mahasiswa itu ditangan Dosen yah?
      *pukpuk* sabar yah yang masih jadi mahasiswa :p

      jangan iri feb, lain kali kita pergi bareng lagi ya feb hhe :)

      Delete
  6. am I the only one yang baca TMMIN itu... Temimin? :'))

    enak ya kalo kota gede gitu, sering ada acara yang undang2 blogger. Cie ketemu adi. *entah kenapa gue pengin ciein aja*

    ReplyDelete
    Replies
    1. TMMIN itu dibacanya "Temin" kok hehhe :)
      agak ribet yee tulisannya :D

      kok dicie-cien sih?
      itu kaga liat kalo difoto ternyata komuk Adi ternyata lebih cantik dari gue -___-

      Delete
  7. Wew, produk yang sempurna yawh berarti Toyota, yang cacat langsung dihancurin beud. Standartnya oke punya. Gak heran daridulu yang sliwar - sliwer keseharian di jalanan seringnya yang dibaca kalau gak merek Toyota, ya nama binatang Kijang :D Mudah2an Toyota bikin Mobil F1, biar dinaikin ama si Rio Harynato.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah padahal awalnya aku berharap dapet gagang pintu Alphard yang rada lecet, lumayan buat gantungan kunci muahahha :D ternyata semua part yang cacat dimusnahkan

      ehm gue kasih tau satu rahasia lagi nih, ternyata fortuner juga mulai dirakit di Indonesia loh, ssssst jangan bilang siapa-siapa yah janji loh :)

      Delete
  8. Aaaah :D mantap lah yang bisa ikutan Plant Tour Toyota :D secara, pabrikan keren itu :D

    Wkwkw Bang Adi Keceeeeeek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi beruntung banget nih gue dapet kesempatan kesana hhe :)

      Hah apa Adi keceee??
      kecean gue lah :) lah ini kan blog gueh muahahhah

      Delete
  9. Ini acara pasti seru banget..
    Sedih gak bisa ikutan, padahal udah rencana dari lama pngn ikut ke sana. Huhuhu....


    makin salut dgn Toyota..
    Ternyata pabriknya itu mamemanfaatkan tenaga matahari untuk lampu, terus menampung air hujan dengan membuat danau buatan, dan air itu yang digunakan untuk mencuci mobil, ditambah di depan pabrik ada biopori juga sebagai resapan air. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. seruuuuuh bangeeet!! ada hadiah bertebaran didalam bus :)
      sayang aku gak dapet salah satunya heheh (^-^)

      Iya ada lampu yang dibagian depan itu ternyata menggunakan cahaya matahari heheh :)
      pemanfaatan air hujan sih yang keceh, yang ditampung didanau buatan untuk cuci mobil :)

      Delete
  10. Pas acaranya selesai,,,,kira-kira yang hadir dibagiin toyota alphar atu-atugak Vir....!!!

    #Ngimpiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada doorprize berupa Flasdisk berbentuk kunci mobil Toyota :) tapi sayang gue enggak dapat heheh

      Delete
  11. Waaah keren banget bisa dikasih kesempatan ke situ. Gue juga mau ih penasaran gimana caranya mobil itu dibikin sampe bisa ke tangan kita terus dipake gitu..
    Itu si keriba keribo? Busettt gue kira artis sinetron tadi hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecehlah pabriknya, lu bayangin dah gue jalan dibawah sementara diatas kepala gue ada rangka mobil yang berjalan otomatis melalui proses perakitan :)

      Iya itu si Adi hehe, pangling yak? :D

      Delete
  12. asik sih bisa terdampar di pabrik sebesar pabriknya toyota yang emang udah punya nama banget. nambah pengalaman, nambah pengetahuan, asik bener. gokil juga ya pake tenaga alam, matahari itu emang banyak gunanya ternyata. pabrik sebesar ini aja mengandalkan matahari. toyota kerenn!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyoooo, gak nyangka gue juga ternyata Pabrik sebesar Toyota ikutan buat save energy dengan hal-hal yang udah gue jelasin diatas :)

      Delete
  13. Aaaaah ini yg waktu itu ditawarin nurri di grup yaa. Waktu itu mau bgt ikuuut tp apa daya aku kuliah :((
    Seru banget kayanyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini yang ditawarin sama Nurri waktu itu :)
      sayang yah kamu gak bisa ikut :(
      aku hampir pupus kemaren takut gak ada temennya

      Delete
  14. Huaaa keren keren. Kapan lagi bisa ke pabrik Toyota. Enak ya kalau tinggal di Jakarta, ada aja undangan buat blogger sekeren itu, Vir :D

    Wuidih. Ada atletnya juga ya. Kece. Btw namanya lucu ya. Catchy gitu. Imajenasia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi beruntung banget nih tinggal disekitaran ibukota Cha hehe, kapan-kapan melipirlah sini Cha biar bisa ikutan ○( ^皿^)っ

      Iya ada atletnya juga dan gue pun baru tahu, karena mereka berkompetisi dengan atlet toyota dari negara lain

      Delete
  15. Ehm, selalu salut sama Blogger yang tinggal di Jawa sanah. Iya, kalian semua punya kesempatan yang banyak untuk diundang dan meliput banyak acara. Hebat. Gue sih, bisanya ikut seneng aja. Iya. (IKUT SENENG MESKIPUN DALAM HATI KECEWA KARENA GAK DIAJAK. HIKS). XD

    Jadi, lo bareng Adi ke pabrik Toyota. Sayang banget, sih. Gak bisa lihat kerennya Pabrik di dalamnya kek apa. Tapi, bersyukur lo bisa ngeliat itu.

    Semoga gue bisa ke situ juga. Amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cup . . .cup jangan kecewa gitu dong, gue doain semoga ditempat lo bakal lebih sering event untuk blogger hhe (O ^ ~ ^ O)

      Itu udah gue updet tuh, ada kirimin foto dari toyota, nah jadi lu bisa liat deh gimana prosesnya heheh udah jangan ngiri lagi yah (=^ω^=)

      Delete
  16. Iya ya si adi kok cantik ya vir hahahaha #lalu disembur

    Wahhhhh, aku tertarik ama yg imajinesia, dia konsepnya apa nih vir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai perempuan tulen saya merasa gagal -__-

      Konsepnya ehm mungkin mirip-mirip komunitas gitu :)
      Untuk memudahkan masyarakat yang ingin ikut menyebarkan semangat dan kebanggan terhadap kemajuan yang telah dilakukan oleh toyota indonesia, untuk info lebih lanjut bisa dicek diweb resminya mbak :)
      *bentar lagi diminta jd PR nya Toyota*
      <( ̄︶ ̄)> muahahahahah

      Delete
  17. seru ya mbak, bisa lihat-lihat proses pembuatan mobil langsung di pabriknya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emejing banget pokoknya heheh beruntung banget nih bisa ikut <( ̄︶ ̄)>

      Delete
  18. keren bener kak kegiatannya.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat website yukk disini saja.. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Bacanya aja udah seru euy. Good experience :)

    Http://agia-aprilian.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kan??
      Kebayang dong gimana rasanya ngalamin langsung hehehehb
      b( ̄▽ ̄)d

      Delete
  20. Wuiiih asik juga Lo Vir bisa masuk ke pabriknya :)
    eh lu gak bawaain gue 1 unit Inova atau alphard gitu? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pun dapet, mending juga buat gueh wi <( ̄︶ ̄)>

      Delete
  21. Seandainya itu weekend mau deh aku ikut:(( btw kok bang adi ganteng mulu sih dari dulu ahahahahha:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuhkan Deya malah fokus ke si Adi doang, wajahnya mengalihkan tulisanku iiiyh (;-_-)

      Delete
  22. Asik banget ya... bisa ikutan plant tour toyota karawang...
    Jangan lupa nanti hasil liburannya di posting...
    Salam,

    ReplyDelete
  23. Hoho, mobil sejuta umaat... Aku prnah merasakannya, sering. Hehe. Klo ke pabriknya belum pernah. Tp kalo ke bengkel body repairnya..... Tiap hari. Tempat kerja ku kan di situ kak, sunter juga, auto2000 sunter body paint. Ah, kapiraa bukannya mampir. Haha.
    TMMIN aku sering ngelewatin, tp yg dimaksud kapira au yg mana, ada dua yg aku tau soalnya.
    Tdnya smpet bingung jg sih itu TMMIN bacanya apaan, tp krna tiap hri lwtt situ jd tau kpanjangnnya. Hehee.

    Ini jalan2nya seinget aku hri slsa sih ya? Hmm, bentrok ama kerjaan. Jd blogger undangan gini enak sih, gausa berongkos, makan jg gretong. Haha.
    Itu bang ucup komennyaa.... Hmm, iya jg sih, kok plg dri pabrik Toyota gak bawa mobil Toyota gtu? Wkwkw, gausah mobil utuh deh, panel pintu, fender, ato bumper gtu. Wahahaa. :p

    Kapan2 main ke bengkel auto2000 sunter BP sinih kak. Huehe. Tp ngapain amat ke bengkel gak ada seru2nya sih. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mobil sejuta umat :)

      hooh heran deh kenapa yah kalo ada undangan mesti di hari kerja? pheeuw -___-
      enakan juga pas weekend biar banyak yang bisa ngikut

      Delete
  24. Wow, keren Vir... bisa ikut Toyota Plant Tour :D Jadi total pesertanya 20 orang, ya?

    Pabriknya Toyota manfaatin tenaga matahari untuk lampu? Salut. Bisa manfaatin melimpahnya sinar matahari di negara tropis ini hehe. Pake ada biopori juga untuk resapan air. Oh, jadi pabriknya itu pabrik terbesar kedua se-Asia Pasifik? Siapa tahu ke depannya bisa jadi yang terbesar, maybe? :p

    Kalo untuk pabrikan sebesar Toyota emang pasti quality control-nya mesti ketat, jadi produk yang cacat pun akan segera dimusnahkan. Hebat ya :D Pihak auditnya pasti super teliti banget tuh.

    Imajinesia... unik juga namanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Totalnya lebih dari 20 kok Bay, ada dari kompasiana juga plus sama emak-emak blogger hhehe

      keceeeh yee pabrikannya, cuma ya itu masa pulang-pulang gak dikasih satu unit toyota yak *ditoyor*

      Delete
  25. Ternyata ada yang main ke kota gue.. Di kawasan KIIC ya mbak?

    -Salam orang karawang

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAAAH ada orang karawang yang nyasar ke blog gueh :)
      YHAAAK Karawang digoyang!! SEEER :D

      Delete
  26. Itu topi nasibnya jadi gimana vir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah gue ubah jadi upnourmal.com dong heheh :)
      nah topi lu apa kabarnya?

      Delete

Naek ke Genteng pake baju batik

batiknya dibeli di pulo gedong

Abang Ganteng dan Mpok yang cantik

kalo udah baca jangan lupa kasih KOMEN doonk