Dec 16, 2014

Merhaba Turkey


Sebenernya gue benci untuk nulis ini, gue benci untuk nulis perpisahan atas apa yang gue sukai, sebulan itu ternyata waktu yang sangat singkat PDKT sama Turki  lebih jauh.
Padahal gue menikmati banget loh, belajar bahasa Turki dari yang paling dasar sampai mengenal budayanya lebih jauh.

Eh iya Turki itu punya 29 huruf Alfabet, tapi dalam alfabetnya mereka enggak punya huruf Q dan X, tapi mereka punya beberapa huruf kembar kaya :
 C : Dibaca (Je) Ç : Dibaca (Ce)
 S : Dibaca (Se) Ş : Dibaca (Sye)
O dan Ö Jujur aja sih, gue juga enggak bisa bedain gimana baca O tanpa titik sama Ö yang punya dua titik ini.

U dan Ü maaf temen-temen gue juga enggak tau gimana cara bacanya.
G : Dibaca (Ge), Ini huruf paling kasian  Ğ : Huruf  Ğ ENGGAK DIBACA!! Atau dalam bahasa Turkinya disebut Yumusak Ğ tau soft Ğ, alias enggak dianggep,
duh gue kira cuma aku aja yang enggak dianggap, ternyata huruf Ğ juga. Terus kalo gak dianggap,
kenapa mesti ada dalam daftar alphabet kalian Hah?! Ish PHP banget sih!

Jadi kalo dalam bahasa arab disebutnya dua harakat alias dibaca panjang, jadi misalnya :
Ağla : (nangis) dibacanya aala.
Doğma : (lahir) dibacanya Dooma.

Nah dalam belajar pengucapan kosa kata ataupun kalimat, Intonasi mereka beda banget sama intonasinya orang Indonesia, jadi Intonasi mereka itu sama kaya Orang Indonesia yang lagi marah, enggak marah sih cuma menghentak gitu, padahal itu cara ngomog normal loh jadi kalo orang Batak atau Medan yang belajar bahasa Turki beuh  jauh lebih cepet nih nguasainya, gak beda jauh soalnya intonasi mereka sama orang Batak atau Medan.

Eh iya guru bahasa Turki gue [Tϋrkçe Öğretmeni] baik banget loh, Doi bela-belain bawain kita buku dari Istanbul, soalnya buku itu gak dijual disini, beuh andai gue jadi bukunya pasti gue bisa ngerasin enaknya naek Turkish Airland,

 iya kalo lo ditaronya di tas, nah kalo ditaro dibagasi? Apa enaknya Piir?! 





Yang ini buku latihan dan buku PR 


Gue dapet tugas motokopi sebanyak ini, jangan salah itu semuanya potokopian loh, hayo tebak mana yang asli? mayan juga nih buat nabokin mantan 
Dan tadinya kita punya rencana saat pertemuan terakhir, kita mau makan-makan ke salah satu restora Turki yang ada di Senopati, Tursqoa atau apa gitu namanya, eh pas dicek harganya, ternyata enggak cocok sama kantong para mahasiswa, heheh. 

Jadi akhirnya Tϋrkçe Öğretmeni, telfon ke Istanbul buat ngirimin beberapa snack dari Turki langsung doi minta tanggal 8 Desember, eh tau-tau pas pertemuan 


Turkish delight, kalo gue bilang sih kaya mochi, manis-manis kenyel gitu, hehe.
terakhir tanggal 11 doi udah nenteng-nenteng  plastik yang isinya Turkish delight sama semacam kurma. 


Foto-foto dululah buat kenang-kenangan 



Setelah kita foto bareng, gue sempetin ngejar doi, buat ngasih kenang-kenangan, biar doi juga inget sama Indonesia, yah take and give lah. 



semoga muat batiknya,abis gue gak tahu ukuran bajunya 
soalnya gak lama setelah les ini selesai Doi bakal balik ke Istanbul, aaah Ikuuut.

Sir May I go to Turkey with you?  please
Sekarang gue juga bingung, kalo mau ngelanjutin les bahasa turki mesti kemana?
Soalnya di indonesiakan jarang banget, beda sama kelas bahasa korea, bueh menjamur dimana-mana ada. 

Yah semoga kedepannya gue dapet kesempatan lagi untuk memperdalam belajar bahasa Turki. Mungkin di Istanbul,

who knows? Aamiin.




Big Thx ya Guys
Makasih udah Mampir
Jangan lupa Komen dan Reaksinya yaa!

18 comments:

  1. Kalo denger turki yang ada dipikiran gue sih kebab. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turki punya banyak makanan enak kok selain kebab :)

      Delete
  2. Amin! Lo belajar mainan es krim turki song vin. Hahaha.
    Dan yang gue bingung, itu g gaul kenapa pake diciptain ya kalo emang ngga dibaca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh maksudnya dondurma? Hehehe
      Dari pada maenin es krim, mending gw maenin kang es krimnya di 😤 #eh

      Delete
    2. Hmm... memang selera jomblo jaman sekarang..

      Delete
  3. Wahh keren vir.. ngomong2 soal G yang engga dianggap. Di American juga ada beberapa T yang engga dianggap

    Misalnya Internet : dibaca Inernet, Sentence dibaca Senenec heheheh

    Sukses ya Vir.. semoga beneran bisa ke Turkey. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin . . . Aamin cup, pengen banget ini, udah menggebu-gebu
      Hehehe, semoga nanti gw ketemu jalannya :)

      Delete
    2. Ghelaa, Ucup udah americanh beudh sekarang.. Mantabh!
      Gue masih, gunung kidulanh~ :P

      Baydewei, gue seneng ngeliat blog lo yg lebih bersih sekarang vir.. lebih Iyi dan Güzel *sambil pake gamis

      Delete
    3. lebih Güzel mana sama yang nulis? :p

      Delete
  4. vira semangaaaaaat terus ya... gue yakin lo bisa :)))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah masih konsisten dan istikomah :)
      Buat ngejar ini semua riz :*

      Delete
  5. selalu ada curhatan ya disetiap tulisanmu, mbak vir :' "duh gue kira cuma aku aja yang enggak dianggap, ternyata huruf Ğ juga"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe curhat terselubung :p
      Kalo curhat benerean entar dibilang galau :D

      Delete
  6. gue bantu amin ya kak :) aamiinnn ya rabb..
    sedih juga ya pas liat foto perpisahan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cyediiih :(
      Apa lagi pas denger gurunya bilang mau balik ke turki :') rasanya pengen ngumpet didalam kopernya

      Delete
  7. bahasa turki ribet ya. gue pernah nyoba belajar bahasa prancis, tapibahasa turki gue rasa lebih ribet :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah huruf"a minjem aksara rusia, tapi pronounnya kaya bahasa arab :/

      Delete

Naek ke Genteng pake baju batik

batiknya dibeli di pulo gedong

Abang Ganteng dan Mpok yang cantik

kalo udah baca jangan lupa kasih KOMEN doonk