Apr 25, 2013

Tehnik nulis "Cara Mematangkan Ide"



http://www.emocutez.comAseli gondok banget gue, pas ngeliat poto mesranya Justin bieber sama Selena Gemez yang baru aja mereka pamerin di instagram! Ciih! Jadi kalian balikan

http://www.emocutez.com Terus selama ini, gue lo anggep apa JUSTIN!!?
*kelamaan ngayal* ya udeh akhirnya gue ngestalkin timelinenya om @edi_akhiles karena kemaren gue dapet ilmu tentang Outline kali aja hari ini dapet ilmu baru lagi, dan alhamdulilah kultwitnya tentang “cara mematangkan ide” dalam menulis, sedikit bisa mengobati kegondokan gue!. Om besok-besok tolong sekalian kultwit “cara mematangkan perasaan” juga ya om, biar saya gak terus-terusan jadi secret admirer #eh.
Yaudah nih simak dulu kultwitnya si om @edi_akhiles.
1. Pilih-pilih dulu serakan ide yang paling klik di hatimu yaa (kalo itu order pastikan kamu klik gak sama ide yang ditawarkan).
Kalo buat gue ini sama kaya milih pacar, kalo kita ngerasa gak “nyetrum” di hati, kita gak bakal dong macarin dia ya gak sih?.

2. Aku pernah bilang, cara efektif nyaring ide tu tuliskan idemu di hp, note, dll, setiap dapat ide, ya tulis aja intinya apa itu.

3. Keuntungan nulis ide-ide awal bantu kamu ngeluarinnya lagi suatu hari jika udah dapat kliknya kan, plus ide yang melintas tiba-tiba gak ilang kabur gitu.
4. Nah ambil satu saja ide yang kamu klik, lalu kamu pikirin, renungin, imajinasiin, seluas-luasnya dari berbgai sudut pandang gitu

5. Huntinglah data dan pengetahuan tentang ide itu dari buku, internet, sharing temen, dll, mematangkan ide itu adalah proses pendalaman pengetahuan tentang ide.

6. Jika udah ngerasa banyak data tentang ide itu, mulai buat outline beneran or bisa juga dibalik buat outline dulu baru hunting data.

7. Mulailah menuliskannya, tulis aja sesuai outline & pengetahuanmu dan libatkan perasaanmu dalam penulisannya, seolah kamu tokoh ceritanya

8. Untuk memperkuat jlebnya cerita, masukkan kata-kata jleb dari sumber bacaan or perenunganmu itu, tapi inget kudu tetep dalam bingkai cerita.
http://www.emocutez.com 
Nah bener banget tuh, kalo soal ini kita butuh banyak bangeed referensi, biar gak cuma jadi katak dalam tempurung.

http://www.emocutez.com9. Tulis gede-gede di jidat nonongnya "kekuatan konflik dan logika cerita", haaaa sebab itu sebenernya kunci utama dapat enggknya dramatisasi crita jlebnya.

10. Jika di awal or tengah penulisan kamu ngerasa buntu, atau muter-muter, gak jleb, itu tanda alam bahwa kamu kudu renungin dan hunting data lagi tuk memperkaya.
http://www.emocutez.com
11. Jika ngalamin poin 10, jangan paksain sebab pasti garing karna idemu ternyata belum mateng bener.

http://www.emocutez.com12. Munculnya perluasan alur terhadap ide di tengah jalan bisa dimasukkan pula sih asal kamu bisa komit sama outline awalmu. nah bukan cuma perasaan doang kan, yang butuh komitmen, tulisan juga ternyata butuh komitmen, terus komitmen hubungan aku sama kamu gimana jadinya? *abaikan*

13. Jujurlah pada dirimu sendri tentang  penguasaanmu pada ide yang ditulis.

Nah segitu dulu ya guys! Besok-besok kalo gue dapet ilmu baru, insya Allah gue share lagi. semoga bermanfaat.

Makasih yang udah mampir
http://www.emocutez.com

No comments:

Post a Comment

Naek ke Genteng pake baju batik

batiknya dibeli di pulo gedong

Abang Ganteng dan Mpok yang cantik

kalo udah baca jangan lupa kasih KOMEN doonk