Feb 7, 2013

Virus Unyu Merah Jambu


Wah gak terasa masuk minggu pertama di Februari, bulan yang katanya penuh cinta-cintaan, lah iya yang punya pacar mah begitu, lah kalo yang jomblo pan teetep aje surem! Makanya jatuh cinta gih cepetan, kan katanya Banyak yang bilang kalo lagi jatuh cinta, orang akan keliatan lebih cakep, terus lebih awet muda,  ah tapi kok gue enggak, yaah Vir mau diapain juga, udah kodratanya muka lu emang begitu dari sononya!

Nah tapi kenapa orang yang jatuh cinta bisa mendadak cakepnya jadi maruk abis yah?! Ada alasannya guys, kalo hasil penelitian antropologi Dr. Helen Fisher dari Rutgers University USA, kalo orang lagi polling in lope otak manusia memperoduksi zat dopamine, yang bikin seseorang merasa lebih rileks dan happy, muka jadi cerah dan rasanya pengen senyum terus, selain itu menurut penulis buku psikologi dari University of Florida, USA, Dr. Shauna H.S springer, mood sama kepercayaan diri orang yang lagi jatuh cinta juga meningkat, bisa jadi ini yang bikin orang yang lagi kasmaran, jadi lebih rapih, yang tadinya mandi cuma 3x seminggu, sekarang mandinya 3x sehari, mubazir tau gak?! Noh di Uganda lagi kekeringan! Gak kesian apah?!
 
Terus nih ya orang yang lagi jatuh cinta yang tadinya apatis stadium mampus mendadak jadi  puitis, dan romantis abis, dan semoga tiba-tiba tuh orang gak berkumis, #eh! Bahkan nih ya, ori jatuh cinta bisa bilang “ih hujannya romantis” gue bingung, ujan yang romantis itu yang kaya gimana sih?! Perasaan dari dulu ujan emang begitu, gerimis rintik-rintik, terus lama-lama deres! Iya kan? Coba bantu saya menemukna sisi romantisnya?!!?

Kalo kata Mel Schwartz, seorang psikoterapis sekaligus konselor hubungan dari Columbia University, waktu orang lagi kasmaran semua indera seseorang jadi jauh lebih peka, makanya, bisa lebih merasakan sesuatu, kalo ada yang lagi ngalamin hal kaya gini, mending manfaatin tuh momennya, biar bisa diabadiin, kaya bikin lagu, puisi atau mungkin film pendek, jadi kan gak sia-sia, siapa tau banyak yang terwakili perasaannya lewat karya lo itu.

Selain Dopamine, kalo kata situs Science Daily, tubuh  orang yang lagi jatuh cinta juga menghasilkan zat Ocytocin, adrenalin, serotonin serta vasepressin, nah itu semua berkolaborasi yang kadang bikin orang jadi deg-degan, excited dan bersemangat, ini juga jawaban kenapa orang yang lagi jatuh cinta tuh bisa nekat, kaya lirik lagunya onah eh noah
 “aku hidup untukmu, aku mati tanpamu
Yah salahin aja tuh si hormon serotonin! Iya hormon itu emang kerjaannya bikin orang mendadak nekat dan rela ngelakuin apapun buat si pujaan hati.
 
Tapi tetep mesti dikontrol tuh ya, soalnya kalo enggak, kalo kadar kenekatannya udah melambung tinggi beuuh bisa-bisa bunuh diri juga gak masalah buat, serem kan?!
Buat yang masih remaja, sayangnya gue udah manula, berarti gue udah gak termasuk nih! Mereka katanya ngalamin jatuh cinta, padahal belum tentu perasaan merka juga sedalam itu, dan masih bisa berkembang atau beurbah, makanya menurut perkiraan psikolog Carl E. Pickardt, Ph.D dari University of Texas, Austin, Amerika Serikat, terdapat kurang dari 15% pasangan SMA yang bener-bener merasakan cinta, tapi bukan berarti perasaan itu gak bermakna loh.

Soalnya menurut Carl E. Pickhardt, Ph.D di situs psikologi miliknya memaparkan kalo remaja mengalami jatuh cinta, maka sebenernya yang terjadi adalah “Fallen” atau “Terjatuh” ke perasaan care yang mendalam dan kompleks dari yang pernah mereka rasain sebelumnya, ya secara gak langsung mereka jadi belajar jadi lebih peduli sama orang lain.
Carl E. Pickhardt, Ph.D juga ngejelasin lebih jauh, katanya kalo orang yang jatuh cinta terus ngejalanin sebuah hubungan mereka akan belajar jadi lebih dewasa, maksudnya disini, mereka bisa belajar gimana caranya ngatasin masalah, yah namanya orang pacaran kan gak semuanya terasa manis, kadang ada aja kerikil didalemnya.

Orang yang lagi jatuh Cinta juga lebih tahan dalam beraktivitas, menurut Dr. Shauna H.Springer, selain itu kita juga lebih banyak ketawa dan ngerasa “melayang”. Ya semoga aja gak banyak orang yang mergokin kalo lo sering ketawa sendiri, bisa-bisa langsung dikirim ke grogol nanti.

Cinta juga ternyata bawa pengaruh sama pikiran, kaya yang di ulas sama Psychology Today, penulis buku  Ungifted : Inteligence Redefined sekaligus  psikolog dari New York University, Amerika Serikat, Scott Barry Kaufman, Ph.D mengemukakan kalo cinta terkait erat sama kreativitas, sementara menurut seorang ahli psikologi, Jeans Forster dan rekan-rekannya dari University of Amsterdam, cinta bisa merangsang kreativitas, serta kemampuan berppikir jangka panjang, kalo diliat dari keterangan itu, mestinya sih, orang yang lagi jatuh cinta bisa ngerjain tugas dengan baik, tapi banyak juga yang lagi jatuh cinta, kok bawaanya “males ngapa-ngapain”, yang ada ngangenin die mulu.

Bisa jadi itu bukan “love” tapi malah justru “lust” alias nafsu. Bertolak belakang banget kan?! Kata Jens Forster kalo nafsu itu yang mengendalikan diri seseorang justru malah bikin dia gak kreatif.

Nah segitu dulu yaah, Hhe semoga posting kali ini bermanfaat buat yang lagi dihujani cinta-cintaan, oh iya, artikel ini terinspirasi dari majalah Gadis.


No comments:

Post a Comment

Naek ke Genteng pake baju batik

batiknya dibeli di pulo gedong

Abang Ganteng dan Mpok yang cantik

kalo udah baca jangan lupa kasih KOMEN doonk